Rabu, 20 Juli 2011

Customer Retantion

Customer Retantion

By 
Font size: Decrease font Enlarge font
Customer Retantion adalah bagaimana mempertahankan customer atau pelanggan lama, terutama mereka yang terolong istiemwa dan member kontribusi bagi perusahaan. Customer Retantion bukan bukan hanya perlu dilakukan  dari sisi sales person, tapi juga dari sisi manajemen perusahaan, dalam hal ini bagaimana system perusahaan untuk mempertahankan pelanggan unggulannya. Apabila ada sistymnya, maka pengelolaan pelanggan dan perlakukan terhadap pelanggan akan berjalan dengan baik dan sistematis.

System perusahaan diperlukan untuk:
-Melakukan identifikasi pelanggan, mulai dari pelanggan biasa hingga pelanggan unggulan
-Mengevaluasi apakah ada perlakukan khusus bagi pelanggan unggulan
-Mengevaluasi apakah system yang ada sudah mengelola pelanggan dengan baik

Jika pengelolaan pelanggan dilakukan dengan baik, terutama pelanggan unggulan, maka akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Loyalitas pelanggan akan terpelihara tanpa perlu banyak marketing effort. Bandingkan dengan biaya marketing yang tinggi yang diperlukan untuk menjarign pelanggan baru. Tanpa perlakuan khusus, pelanggan akan mudah ditarik oeh competitor. Perlakukan semua orang dengan sama, tapi perlakukan pelanggan dengan berbeda, itulah prinsip bisnis yang harus dijalankan.

Salah satu perusahaan yang mengelola customer secara serius adalah Garda Oto.  Agency Development Section Garda Oto, Iwan Yenanto mengatakan pihaknya mempunyai departemen tersendiri untuk mengelola customer, yaitu Marketing Communication Public  Relation Departemen. Departemen ini juga bersinergi dengan departemen lain. Program customer retention digarap dengan tujuan menjalin hubungan yang kebih dekat antara customer dengan perusahaan, serta membangun loyalitas customer dalam jangka panjang.(Smart Business Talk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar