Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Strategi Ritel dan Distribusi
By 28/02/2011 11:02:00
Distribusi adalah suatu aktifitas untuk membuat produk kita ada di tengah masyarakat, ada pada kuantitas yang benar, segmen yang benar, lokasi yang benar, dan waktu yang benar. Artinya jangan sampai terjadi produk tidak ada ketika dicari konsumen, atau di tempat kalangan menengah ke atas, tapi produk yang ditemui adalah produk menengah kebawah.
Secara konvensional, ada 9 syarat dalam strategi ritel dan distribusi:
1. Lokasi
2. Merchandise
3. Values
4. Komunikasi
5. Pelayanan
6. Sistem
7. Supplyer
8. Logistik
9. Poeple (Orang yang menjalankan 8 syarat itu)
Meski merupakan konsep konvensional/konsep lama, namun masih banyak perusahaan yang belum menjalankannya. Padahal konsep itu harus dilaksanakan agar produk dikenal oleh masyarakat, dan distribusi berjalan dengan baik.
Belum sukses untuk menjalankan strategi ritel dan distribusi konvensional tersbeut, saat ini sudah muncul konsep baru, yang datang seiring perkembangan teknologi terutama teknogi informasi. Dengan era dunia maya saat ini, maka strategi ritel dan distribusi lewat internet tidak bisa dihindari.
Kalau dulu lokasi adalah segalanya, maka dengan perkembangan teknologi lokasi tidak lagi menjadi yang paling penting. Karena dengan internet lokasi yang jauh bisa menjadi dekat.
Ritel Shop harus mengikti perkembangan teknologi, dengan mempunyai website. Website ini selain untuk menginformasikan dan mempromosikan produk, juga untuk melayani konsumen yang ingin bertransaksi secara online.
Ritel Shop harus mengikti perkembangan teknologi, dengan mempunyai website. Website ini selain untuk menginformasikan dan mempromosikan produk, juga untuk melayani konsumen yang ingin bertransaksi secara online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar