Selasa, 09 Agustus 2011

3 Skill Yang Perlu Dimiliki


3 Skill Yang Perlu Dimiliki

By 
Font size: Decrease font Enlarge font
Ada 3 skill yang perlu dimiliki oleh manajer dan sales person, yaitu:
1. Sales
2. Customer Service Excellent
3. Presentation

- Teknik penjualan/sales mutlak dimiliki oleh sales person dan manajer. Dengan kemampuan teknik penjualan yang baik, maka peluang untuk mendapatkan order akan semakin terbuka. Disinilah perlunya persiapan yang baik, antara lain dengan menyiapkan sales skrip. Sales skrip akan sangat membantu saat presentasi kepada calon customer, terutama jika ada pertanyaan dan keberatan.

- Customer Service Excellent selama ini dianggap hanya perlu dimiliki oleh customer serice atau front liner. Padahal customer service excellent juga diperlukan “didalam” organisasi. Customer service excellent perlu ditanamkan dalam mind set dan action. Semua pihak dalam organisasi harus punya mindset yang sama tentang customer service excellent. Dengan demikian, maka service organisasi  sudah terprogram untuk melayani dengan sebaik-baiknya. Tidak ada pihak yang hanya mementingkan tugasnya sendiri-sendiri.

- Teknik presentasi harus dimiliki oleh sales person dan manajer. Banyak manajer yang kemampuan presentasinya lemah, padahal kedudukan mereka sangat penting, untuk meyakinkan ide/proposal kepada atasannya. Kebanyakan mereka hanya “bicara” bukan presentasi. Banyak manajer hanya meluangkan waktu untuk membuat planning, tapi ketika berdiri di hadapan banyak orang, tidak bisa. Dengan manajer yang seperti ini, maka tim yang ada dibawahnya akan berjalan dalam kegelapan.

Selain untuk mengkomunikasikan ide/proposal kepada atasan, kemampuan presentasi manajer juga diperlukan untuk berkomunikasi kepada anak buahnya. Dengan komunikasi yang baik dan jelas, maka anak buah bisa take action. (Smart Business Talk) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar